Minggu, 08 Maret 2015

Boboiboy The Class

Liburan semester telah usai, anak anak sekolah alam jingga pun kembali pada alam mereka. Alam tempatnya belajar dan bersosialisasi/bermain. Kurang nikmat rasanya jika masuk dihari pertama tidak bercerita pengalaman liburan masing masing anak.
          Pagi itu suasana begitu sejuk karena telah memasuki musim penghujan. Dihari pertama masuk sekolah nampak begitu sunyi, masih sepi karena sebagian anak masih ada yang belum datang, raut wajah mungil anak-anak itu terlihat agak asing setelah libur yang begitu lama. Memasuki kelas yang telah lama tidak terinjak, isinya baru 3  orang makhluk mungil saja yang sedang asik bermain menunggu waktu masuk tiba. Ada yang tidak biasa dari gaya celoteh mereka, seperti berlogat melayu. Dan tiba – tiba “kekuatan halilintar.. hyaaattt” salah satu anak mulai memperagakan jurusnya untuk menaklukkan musuh dihadapannya, kemudian disusul dengan beberapa atraksi superhero dari anak yang lain. Saya yang kebetulan sedang membersihkan kelas agak kewalahan dengan atraksi atraksi yang mereka lakukan, lari sana sini, begitu mengerikan jikalau atraksi itu mereka lakukan nyata seperti aslinya sehingga dapat menimbulkan cidera fisik. Sesekali mendengar  celoteh – celoteh melayu ala mulut kacil mereka membuat tertawa geli sendiri. Sambil duduk saya hanya mendengarkan obrolan anak-anak ini tentang film boboiboy, upin ipin, sopo jarwo dan “pada zaman dahulu” (dongeng si kancil). Mendengar mereka bercerita saja sudah membuat saya tertawa geli, bagaimana tidak, melihat gaya bicara yang melayu dengan mimik yang menggambarkan apa yang diceritakan di film tersebut saja sudah lucu.

          Namun yang lebih terlihat seru dari cerita mereka adalah mengenai tayangan film boboiboy. Saya hanya mendengarkan dan sesekali mengobrol mengenai film yang mereka sukai, sehingga kita bisa tahu apa yang mereka biasa tonton saat dirumah, meskipun saya sendiri terkadang jarang sekali menonton tv J. Film boboiboy  adalah sebuah serial animasi Malaysia yang diproduksi oleh Animonsta Studios. Serial animasi ini menceritakan tentang seorang anak yang memiliki kekuatan luar biasa untuk menghadapi makhluk asing yang ingin menyerang bumi. Bersama dengan ketiga temannya Ying, Yaya dan Gopal, boboiboy berusaha menghalangi alien berkepala kotak bernama Adu Du yang berwarna hijau yang menginginkan biji coklat agar bisa menaklukkan bumi, boboiboy sendiri bisa membelah diri menjadi tiga dan masing-masing meiliki kekuatan elemen bumi yakin tanah, api, petir dan angin. Sejak kemunculannya di layar tv indonesia menjadi pegaruh yang luar biasa bagi anak anak yang menontonnya, karena film kartun itu sangat identik dengan anak-anak. Bisa jadi bukan lagi identik tetapi sudah menjadi ruh dan tontonan anak-anak yang relatif aman dibanding tontonan sinetron yang makin ngaco jika ratingnya tinggi. Namun meskipun aman setidaknya para orang tua juga harus cukup jeli dengan kegiatan menonton anak saat dirumah karena tidak semua kartun memiliki nilai moral yang bagus untuk mereka tiru. Dan jangan biarkan si anak menonton tayangan yang bukan untuk seusianya. Seorang pendidik harus bayak tahu dibanding muridnya dalam segala hal, salah satunya adalah teknologi. *wallahu’alam bishawaab*

3 komentar:

  1. Ibrahim juga gandrung banget dengan film-film itu Bu Putri kadang ngeri melihat atraksinya kadang lucu ya....

    BalasHapus
  2. hehe, lagi demam boboiboy nih anak anak :D

    BalasHapus
  3. suka lucu kalo denger celoteh melayu ala rafi :D

    BalasHapus